Tips Hasil Pencarian Di Search Engine Google Lebih Akurat

Mesin pencari / search engine Google merupakan sebuah layanan intenet untuk membantu mencari informasi yang kita inginkan di internet dengan lebih akurat dan mudah.

Ada yang perlu kita fitur-fitur yang terdapat di dalam search engine, ada cara tertentu agar hasil pencarian di search engine lebih akurat.

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel Cara Menggunakan Mesin Pencari Search Engine Google

Tips Agar Akurat Hasil Pencarian di Mesin Pencari Google

merupakan sebuah layanan intenet untuk membantu mencari informasi yang kita inginkan di in Tips Hasil Pencarian Di Search Engine Google Lebih Akurat
Pada halaman ini kita akan belajar menggunakan operator / tanda pada kotak penelusuran google.

Dengan menggunakan tanda / operator seperti tanda kurang (-), tanda tambah (+) dan seterusnya, sehingga kita akan mempunyai kemampuan lebih dalam menggunakan mesin pencari google.

Beberapa operator atau tanda yang dapat digunakan pada mesin pencari / search engine Google, berikut di bawah ini:

Menggunakan tanda kutip ganda (") di awal dan akhir kalimat

Untuk Operator (tanda) pertama dibahas adalah tanda kutip ganda (“).

Cara menggunakan tanda kutip ganda cukup mudah kita hanya pelu menambahkan tanda (“) pada awal dan akhir kalimat yang kita ketik. Contoh: “cara membuat facebook lewat hp”.

Adapun tujuan dari menggunakan tanda kutip ganda (“) di awal dan akhir kalimat adalah agar hasil pencarian lebih spesifik dengan frasa atau kata yang kita masukan tersusun secara rapih.

Seperti misalnya diatas, kita akan memasukan contoh  “cara membuat facebook lewat hp”
Maka akan muncul kalimat yang rapih pada hasil pencarian di search engine google, pada title dan deskripsi, yaitu kalimat: cara membuat facebook lewat hp.

Tetapi jika kita tidak menggunakan operator tanda kutip ganda ini, maka mesin pencari Google akan menampilkan hasil kata kunci atau kalimat yang tidak tersusun, tapi kata tersebut muncul dengan tersebar, kadang sempurna sesuai kata kunci yang kita ketik dan kadang tidak sempurna.


Tanda Titik Ganda (..)

Tanda titik ganda (..) berfungsi jika anda ingin memunculkan hasil pencarian yang berupa range data. Misalnya kita ingin mencari data di mesin pencari Google tentang kejadian perang dari tahun 1800 sampai 1980.

Tentu akan sangat kesulitan dan terlalu lama waktunya apabila kita ketikan pada kotak pencari: perang tahun 1800 1801 dan seterusnya.

Dengan menggunakan tanda titik ganda ini maka kita dapat ketik pada kotak mesin pencari Google: perang 1800..1980.

Sehingga untuk mencari seperti kejadian rentang waktu, maka kita dapat menggunakan  metode ini.

Tanda Tambah (+)

Tanda tambah (+) berguna untuk memunculkan kata yang anda gandeng dengan tanda tambah (+).

Apabila kita mengetik pada kotak mesin pencari, sebagai contoh: Cara membuat membuat sop +ayam.

Maka akan muncul pada setiap hasil pencarian di mesin penelusuran, dengan wajib menampilkan frasa atau kata ayam.

Sedangkan untuk frasa membuat sop, tidak dijamin tampil pada setiap hasil penelusuran.

Tanda Kurang (-)

Fungsi pada tanda kurang (-) merupakan kebalikan dari tanda tambah (+), dengan menggunakan tanda ini, maka kita dapat mengeliminasi atau menghilangkan suatu kata atau beberapa kata dari hasil pencarian anda.

Sebagai contoh kita mengetik pada kotak search engine Google kalimat: cara memasak daging ayam -kambing -sapi -bebek.

Maka hasil pencarian search engine google berupa frasa: cara memasak daging ayam.

Tetapi tidak dimunculkan hasil pencarian pada judul dan deskripsi kata: kambing, sapi, bebek.
Adapun tujuan dari menggunakan metode ini, seperti contoh diatas kita ingin mencari informasi tentang cara memasak daging ayam, tetapi kita tidak memerlukan informasi tentang memasak daging kambing, sapi dan bebek.

Tanda Ekuivalen ( )

Tanda ini digunakan agar kata kunci menjadi lebih luas. Dengan tanda ( ), kita meminta google untuk mencari informasi yang berhubungan dengan kata kunci yang kita ketik.

Seperti contohnya kita mengetik di search engine google kalimat: membuat facebook.
Maka kita sedang mencari informasi tentang membuat facebook, dan juga kita mencari informasi tentang facebook, jadi kita akan melihat pada hasil pencarian google frasa: membuat facebook pada setiap hasil pencarian.

Tanda Bintang (*)

Dengan menggunakan tanda bintang (*), misalnya kita menulis kalimat: Berita*liga Inggris. Maka Google akan menayangkan hasil yang diawali dengan kata: Berita, kemudian diteruskan dengan kata atau frasa tertentu, yang disana terdapat frasa: liga inggris.

Hasil pencarian tersebut bisa berupa: Berita terbaru dan foto liga inggris Berita Bola, EPL, Liga Inggris Situs berita sepak bola liga inggris dan seterusnya…

Tanda (|) atau Tulisan (OR)

Tanda (|) atau (OR) digunkan untuk memfilter hasil pencarian, dengan menggunakan metode opsional pada kata kunci.

Langsung saja kita buat contoh, Misalnya pada search engine google mengetik kalimat: ayam OR kambing, maka hasil pencarian berupa halaman dengan title dan deskripsi yang memuat ayam saja atau kambing saja.

Sehingga tidak akan ada hasil pencarian pada title dan deskripsi yang memuat kedua frasa ayam dan kambing dalam suatu hasil pencarian.

Semoga dapat bermanfaat. 

0 Response to "Tips Hasil Pencarian Di Search Engine Google Lebih Akurat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel