Mengatasi Rongga Udara Pada Selang Modif Printer


Selamat sore , sebelum ke materi saya ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada sobat sobat yang menjalankannya , semoga lancar sampai idul fitri nanti .

Pada kesempatan kali ini , saya akan membahas permasalahan pada kebanyakan printer modifikasi manual , yakni sering " masuk angin " . Pada kasus ini tinta printer dari tabung modif tidak bisa mengalir dengan lancar menuju catride sehingga supplai tinta ke catride terhambat .

Sebelum membahas inti materi , saya akan jelaskan sedikit penyebab selang modif sering masuk angin . Beberapa faktonya antara lain :

  • Terlambat mengisi tinta pada tabung modif . Hal ini terlihat sepele karena kita mengira selama tinta di catride maka tidak akan masalah , tetapi saat tinta di tabung mulai sedikit maka saat proses print berjalan catride akan terus menyedot tinta dari tabung , karena sudah habis maka yang didapat malah angin saja . 
  • Setting print pada kecepatan "fast" . Mungkin hal ini bisa meningkatkan produktifitas sobat , tapi mempercepat kerusakan device sobat . Karena proses penarikan tinta begitu cepat sehingga angin bisa saja ikut serta .
  • Printer jarang dipakai . Pada kasus ini sebenarnya tidak masalah selama tutup tabung modif tertutup rapat , hanya saja seringkali orang" lupa menutup tabung modif setelah selesai digunakan sehingga sirkulasi udara masuk sementara penggunaan tinta tidak ada . Selain pada selang , catride juga akan bermasalah jika printer jarang digunakan . Setidaknya sobat gunakan printer seminggu sekali walau tidak begitu perlu .
  • Selang tinta bocor . Hal ini kecil kemungkinan terjadi , tapi terkadang bisa saja terjadi , jadi kalo poin 1 sampai 3 tidak ada indikasinya coba cek selang modif sobat .
Itu tadi beberapa penyebab printer kemasujan angin pada selang modif . Untuk mengeluarkan angin tersebut , sobat bisa melakukan hal berikut ini . 

Cara Pertama ( Dengan Software )

Cara pertama tanpa otak atik printer secara langsung , kita gunakan fasilitas yang disediakan software bawaan printer untuk menarik udara agar keluar , yakni dengan melakukan deep cleaning . Untuk melakukan deep cleaning , berikut caranya : (saya menggunakan windows 7 sebagai acuan )

  1. Klik start , pilih control panel , pada menu control panel klik " view device and printers "  .
  2.  Kemudian sobat akan melihat list printer yang sudah terinstal pada PC . Pilih pada printer yang mengalami masalah , Klik kanan lalu pilih properties
  3. Jika sudah terbuka , cari tab maintenance , kemudian pilih deep cleaning .
  4. Proses ini bisa berjalan 1 - 3 menit , selama proses jangan apa apakan printer , saat proses printer akan menarik keluar udara yang berada dalam selang tabung .
  5. Jika proses deep cleaning sudah selesai , silahkan cek selang modif , jika rongga udara ada sedikit seharusnya sudah normal kembali . 
Jika cara pertama belum bisa , mari kita coba bahas cara kedua . 

Cara Kedua ( Cek Printer Langsung )

Pada tahap ini , kita akan langsung menyedot udara secara manual dengan menggunakan bahan suntikan tinta dan tisu . Berikut Caranya :

  1. Lepaskan ujung selang dekat catride yang banyak berisi udara  
  2.  Buka penutup pada tabung tinta , masukan suntikan pada tabung .
  3. Pompa tinta dengan suntikan agar tinta mengalir ke ujung .
  4. Biarkan tinta mengalir sampai memenuhi rongga yang kosong , kalo perlu biarkan jatuh sedikit untuk memastikan selang sudah dipenuhi tinta . 
  5. Masukan kembali ujung selang masuk ke catride agar aliran tinta lancar menuju catride .
  6. Lepaskan suntikan pada tabung , tutup rapat tabung tinta agar udara tidak masuk lagi . Buka saat printer akan digunakan lagi .
Cara kedua lebih ribet , lebih berpotensi belepotan tinta , tapi tingkat keberhasilan jauh lebih tinggi .

Setelah printer sudah normal , ada baiknya kita jaga dan rawat dengan baik agar kasus diatas tidak terulang kembali . Pada postingan ini saya akan berikan juga tips mencegah printer masuk angin sehingga berongga . Berikut beberapa tipsnya

  • Isi tabung tinta sebelum kosong , karena kosongnya tabung akan menyuplai udara ke dalam selang tinta . 
  • Setting kecepatan print pada mode " standart " , jika menggunakan mode fast maka gunakan saat benar" diperlukan . 
  • Gunakan printer setiap hari , paling tidak print 1 halaman per hari walau tidak perlu . Lebih baik rugi 1 lembar kertas ketimbang rugi kerusakan printer , apalagi rusaknya pas mau dipake , kebayang kan keselnya 
  • Jika memang terjadi kebocoran , ganti selang modif pada ahlinya , karena kalau kita ganti sendiri beresiko tinggi . 
Demikian pembahasan saya kali ini tentang printer yang mengalami kemasukan angin , semoga artikel ini bisa menjadi solusi bagi sobat yang mengalami kendala serupa . 

Mohon kritik dan sarannya dari sobat untuk saya agar bisa dijadikan bahan evaluasi kedepan agar bisa menghasilkan artikel yang lebih bermanfaat dan lebih baik lagi . 

0 Response to "Mengatasi Rongga Udara Pada Selang Modif Printer"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel