Cara Sharing Printer di Jaringan LAN

Selamat malam sobat sekalian , semoga kita selalu dalam keadaan baik . Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat membahas " Cara Sharing Printer di Jaringan LAN " . Pembahasan ini bisa agan implementasikan di tempat kerja . Intinya , pada pembahasan ini kita akan setting agar printer bisa digunakan bersama dalam jaringan local yang sudah tersambung .

Untuk menghubungkan printer dalam pembahasan ini akan saya gunakan contoh pada OS windows , karena sebagian besar pengguna komputer di Indonesia masih didominasi Windows . Untuk mempersingkat waktu mari langsung kita bahas .

Cara Share Printer Di Local Area Network


NB : Pastikan pc sudah terhubung di local area network .

1. Pertama tekan kombinasi tombol windows + r pada keyboard , lalu ketik control panel  , kemudian tekan enter . Sobat akan masuk ke menu control panel .


2. Sebelum bisa sharing printer , kita mesti aktifkan "file and printer sharing" , untuk itu pada menu control panel pilih network and internet .


3. Dalam menu network and internet , pilih sub menu "network and sharing centre .


4. Selanjutnya pilih " change advance sharing setting " pada bagian kiri menu .


5.  Disini letak pengaturan sharing file sekaligus printer . Untuk mengaktifkan fitur sharing sobat tinggal centang " turn on network discovery " dan " turn on file and printer sharing " , kemudian klik ok . Dengan demikian file sobat dan
  printer bisa agan share ke teman teman dalam jaringan yang sama .


6. Dengan aktifnya file and printer sharing , barulah kita bisa share printer seperti yang saya tulis di point 5 . Untuk itu masuk lagi ke control panel dengan cara di point 1 . Di control panel perhatikan menu " Hardware and Sound " , dibawahnya ada sub menu "View device and printer " , klik disana seperti gambar dibawah .


 7.    Di dalam sub menu view device and printer akan ditampilkan device yang terpasang di PC , untuk printer ada dibagian bawah . Karena sobat akan share printer , pada printer yang akan dishare klik kanan , pilih printer properties .


8. Pilih tab sharing , disini sobat perlu centang pada kotak " share this printer " . Untuk memudahkan device lain menemukan printer sobat , beri nama sesuai persetujuan , kemudian klik OK.


Sampai disini sobat telah sukses share printer di local area network . Tugas selanjutnya memastikan device lain bisa menggunakan printer yang sobat share , berikut pembahasannya . 


Cara Menggunakan Printer yang Dishare


1. Untuk device yang akan mengakses printer hasil sharing , diwajibkan juga untuk mengaktifkan " file and printer sharing pada point nomor 5 . 

2. Buka file explore dengan menekan kombinasi tombol windows + E , kemudian pada bagian kiri pilih network . Dalam network terdapat list device yang tergabung dalam jaringan local . Karenanya sobat tinggal pilih device yang tadi sudah sharing printernya . 


3. Setelah sobat memilih devicenya , akan terlihat file dan printer yang sudah dishare , karena kita perlu printernya maka klik kanan pada printer , pilih connect . 


Selesai . Dengan begitu sobat sudah bisa menggunkan printer dari hasil sharing jaringan . Saat akan mencetak dokumen pastikan memilih printer yang sesuai dengan printer yang dishare yah . 

Sekian pembahasan tentang cara sharing printer di jaringan LAN . Semoga artikel ini bisa menjadi solusi atau referensi bagi sobat pembaca . 

Tidak lupa saya harap kritik dan sarannya yang membangun untuk blog ini , sebagai bahan evaluasi saya agar bisa lebih baik lagi dalam menulis kedepannya . 

Terakhir saya ucapkan terima kasih kepada www.nesabamedia.com sebagai sumber image pada postingan ini . 

0 Response to "Cara Sharing Printer di Jaringan LAN "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel