Komponen Komputer Serta Fungsinya


Selamat datang di blog sederhana ini sobat , pada postingan pertama saya akan menjelaskan tentang komputer , bagian bagiannya , serta fungsi masing masing bagian tersebut .

Komputer kini sudah menjadi keperluan premier bagi sebagian bidang usaha yang ada (mungkin sobat salah satu diantaranya) , apalagi sekarang perkembangan teknologi semakin pesat , selain semakin diperlukan komputer juga terus mengalami perkembangan baik dari sisi performa , fungsi dan bentuk untuk memudahkan pengguna.

Dari Perkembangannya, komputer yang mulanya berbobot besar dengan spesifikasi rendah kini sudah semakin ramping dan canggih dengan kehadiran laptop yang portable dengan  spesifikasi jauh lebih baik. Bahkan smartphone dan tablet juga bagian dari perkembangan komputer itu sendiri , karena fungsinya yang kompleks.

Karena begitu pesatnya perkembangan teknologi komputer, saya yang kebetulan pernah bekerja di bidang ini  bermaksud membangun sebuah website yang mengupas lengkap seputaran dunia komputer untuk sekedar berbagi wawasan dan untuk sarana belajar menulis serta sebagai arsip online dari apa yang sudah saya pelajari.

Untuk pembukaan saya akan membahas "Komponen Komputer Serta Fungsinya" . Komponen komputer mirip dengan produk turunannya seperti laptop , tablet , dan smartphone hanya saja terdapat beberapa bagian yang dihilangkan atau ditambahkan agar ukuran menjadi lebih ringkas tanpa mengurangi kualiatas produk.

Secara garis besar, komputer terdiri dari 2 komponen yaitu :

  • Hardware,  dan
  • Software
Pertama kita akan membahas hardwarenya . Secara harfiah hardware merupakan komponen komputer yang berupa fisik ,  sekilas kita lihat komputer hanya terdiri dari layar monitor, CPU, mouse, dan keyboard . Beberapa memiliki speaker di belakang , tetapi selain itu masih banyak komponen lain yang membuat kita bisa maksimal menggunakan komputer . Terdiri dari

Processor



Processor  merupakan otak dari komputer , semua proses yang berjalan di system dikendalikan oleh processor. Untuk mengetahui kehebatan atau kecepatan processor digunakan sebuah istilah dengan nama "heartz" . Sejauh ini rata" kecepatan proceccor ada di kisaran "gigaheartz" (Ghz).

Berdasarkan fungsinya, processor terdiri dari 4 bagian yaitu :

- Arithmatics Logical Unit (ALU) : berfungsi melakukan semua perhitungan matematika (algoritma) dalam sebuah proses yang diintruksikan system

- Control Unit (CU) : berfungsi mengatur lalu lintas data yang masuk maupun keluar dari sebuah system yang dijalankan.

- Memory Unit (MU) : berfungsi menyimpan olahan data yang terjadi di system . Unit ini memiliki kecepatan akses yang tinggi.

Dalam dunia  Computer kita mengenal 2 merk processor yang paling terkenal, yakni Intel dan AMD sementara pada smartphone processornya didominasi Qualcom snapdragon dan mediatek . Untuk penjelasan selanjutnya tentang processor akan saya buatkan postingan khusus tentang "processor terbaik saat ini".


Motherboard

contoh motherboard
Motherboard merupakan komponen paling utama dari sebuah komputer, seperti namanya motherboard merupakan induk mesin , jadi semua komponen lain akan dihubungkan melalui motherboard itu sendiri .

Pada umumnya motherboard menggunakan desain AT yang berdasarkan desain motherboard IBM (Sebagai catatan IBM merupakan penggagas teknologi komputer) . Seiring perkembangan kini desain motherboard sudah diperbarui menjadi model ATX .

Karena sebagai induk mesin , motherboard terdiri dari banyak bagian , penjelasannya sebagai berikut :

Bagan atas motherboard 

Komponen Motherboard 

- Socket Processor :
Socket ini merupakan tempat pemasangan processor , berbentuk persegi tampak seperti gambar diatas

- 4/8 pin power processor : 
Bagian ini merupakan penyalur daya untuk processor . Penggunaan 4/8 pin tergantung dari jenis motherboard dan daya yang dibutuhkan processor . Penggunaan 4 pin untuk keperluan daya 95watt , sedangkan 8 pin untuk keperluan daya 125watt. 

- CPU fan connection
Port ini berfungsi sebagai penyalur daya untuk kipas processor (heatsink)

- Slot RAM
Berfungsi sebagai tempat pemasangan memory komputer, memory komputer dinamai RAM , akan dibahas dibawah nanti

- 24 pin power connector
Port ini sebagai penyalur daya utama , karena port ini menyambung mesin dengan power supply .

- SATA connector
Port SATA (Serial Advance Technology Attachment) merupakan tempat penyambung mesin dengan storage disk , baik Hardisk maupun SSD .

- System panel connection
Panel ini berfungsi menyambung mesin dengan tombol perintah seperti tombol on - off , restart , indikator hardisk 

- Serial port connection
Port ini menyambung mesin untuk fungsi USB port

- Slot VGA
Slot ini berfungsi untuk menambah daya kartu grafis untuk meningkatkan performa komputer .

- Baterai CMOS  
Berfungsi mengatur penyimpanan waktu pada komputer.

- Audio Port 
Berfungsi menyambung mesin ke perangkat audio baik speaker maupun microphone

mungkin masih ada yang lain akan saya update kalau ada perubahan . 

Berikut bagan motherboard dari sebelah 

Untuk Motherboard banyak merk produk yang sering kita jumpai , seperti Gigabyte , MSI , Asrock, dll.


Hardisk


Hardisk merupakan media penyimpanan data pada system komputer . Seluruh data baik system maupun file disimpan disini . Hardisk juga mempengaruhi kecepatan komputer , semakin lapang kapasitas hardisk maka kecepatan komputer akan semakin tinggi . 

Selain itu hardisk juga terdiri dari 2 jenis berdasarkan kecepatan platter (piringan) datanya yakni 7200Rpm dan 5400Rpm . RPM (Revolusi per menit) merupakan acuan kecepatan hardisk paling standar , RPM merupakan jumlah perputaran  piringan hardisk setiap menitnya . Karena itu semakin tinggi RPM maka kecepatan perpindahan data akan semakin cepat . Namun belakangan ini teknologi hardisk sudah semakin maju dengan munculnya SSD .

Ini adalah pembagian hardisk yang kedua , berdasarkan komponen penyimpanannya . Dengan kemunculan SSD kecepatan perpindahan data semakin meningkat , selain itu SSD lebih hemat daya karena ukurannya lebih kecil dan komponennya lebih sederhana, dan tentunya lebih ringan . SSD bisa mengungguli hardisk disegala aspek karena berbeda dengan hardisk yang menggunakan piringan untuk membaca data , sementara SSD sudah menggunakan kumpulan chip chip memory dalam membaca data . 

Perbedaan Komponen HDD dan SSD

Untuk pembahasan lebih lanjut tentang hardisk akan saya buatkan artikel di lain kesempatan.

Random Acces Memory (RAM)

RAM merupakan komponen komputer selanjutnya . RAM sesuai namanya merupakan memory akses secara acak , atau sederhananya sebagai penyimpanan sementara . RAM menyimpan seluruh data yang sedang berjalan , seperti saat sedang mengetik , sebelum kita save data input akan disimpan oleh RAM , jika sudah disave baru data tersimpan ke  Hardisk . 

Saat ini kita pada umumnya menggunakan RAM jenis DDR RAM ( Double Rate Random Acces Memory) . DDR merupakan jenis RAM terbaru dari jenis sebelumnya bernama SDRAM ( Sychronous Dynamic Random Acces Memory ).

DDR sendiri sudah sampai pada generasi keempat pada perkembamgannya . Pada Komputer besaran RAM sangat memengaruhi performa komputer  dan software yang bisa diinstal .

Power Supply



Power supply merupakan perangkat yang berfungsi menerima power dan mendistribusikannya ke semua komponen lain melalui motherboard .

Power supply menyalurkan arus ke berbagai komponen melalui berbagai connector , penjelasannya sebagai berikut :

- ATX power connection 20+4 pin
Connector ini berfungsi sebagai penyambung arus utama kepada motherboard . Untuk connector pada model lama pin yang digunakan masih 20 pin , dan untuk model terbaru sudah menggunakan 24 pin.

- Molex connector 4 pin
Connector ini mempunyai fungsi utama sebagai penyuplai arus listrik untuk DVD room , beberapa power supply berisi lebih dari 1 molex connector untuk dipasangi fan casing.

- ATX connector 12V
Connector ini merupakan salah satu penyalur arus terbesar , sebesar 12V , ini dikarenakan connector ini untuk memberi arus pada processor dan heatsink

- Sata Power Connector
Yang terakhir ini berfungsi sebagai penghubung arus menuju hardisk .

VGA ( Video Graphics Accelerator )



VGA merupakan komponen hardware yang berfungsi mengolah data grafis untuk ditampilkan di monitor . VGA juga memiliki processor yang membutuhkan memory , sehingga disebut juga GPU ( Graphics Processing Unit ) .

Selain pengertian diatas , VGA juga bisa diartikan sebagai standart tampilan komputer yang dipasarkan IBM pertama kali pada tahun 1987 , hingga saat ini masih diimplementasikan pada kebanyakan produsen komputer di seluruh dunia.

Secara umum Processor sudah dibekali graphic processing unit , sehingga tanpa VGA tambahan system masih bisa berjalan , VGA tambahan diperlukan untuk user yang memerlukan fungsi grafis yang tinggi seperti untuk bermain game , editing desain grafis , atau yang terbaru dan masih trending untuk minning bitcoin.


Saat ini untuk merk VGA card yang terkenal di pasaran ada 2 , yaitu Nvidia dan ATI Radeon . Setiap tahun mereka bersaing memberikan produk terbaru untuk menjadi yang terbaik .

Monitor ( LCD )



Monitor merupakan bagian dari output device yang berfungsi menampilkan system yang sedang berjalan . 

Terdapat 3 jenis monitor berdasarkan bentuknya sesuai perkembangan teknologi

- CRT ( Chatode Ray Tube )



CRT merupakan jenis monitor yang menggunakan media tabung sinar katoda.
 CRT menggunakan tabung hampa sebagai layarnya , karena itu sering disebut layar tabung.

Cara kerjanya dengan memancarkan sinar elektron menuju titik titik kecil di layar. Sinar tersebut akan semakin terang dan akan menjadi data visual dari gabungan titik atau pixel tersebut .

- LCD  ( Liquid  Crystal Display )


Sementara untuk LCD , layarnya dibuat dari cairan cristal . Konsep kerjanya dengan cara memancarkan sinar menuju liquid cristal yang kemudian akan diteruskan secara elektrik sehingga membentuk panel panel kecil yang datar . Dengan cara ini resolusi yang dihasilkan menjadi lebih tinggi dan untuk bentuk semakin ramping.

- LED ( Light Emmiting Diode )


Untuk LED , sekilas mirip dengan LCD namun sedikit lebih ramping secara desain .  LED menghasilkan tampilan display melalui penggunaan emisi cahaya . Dengan technology backlight , Cahaya yang dikeluarkan lebih efisien sehingga konsumsi listrik lebih rendah.

LED merupakan perkembangan dari LCD , dengan efisiensi energi yang lebih rendah bisa menghasilkan resolusi yang tetap tinggi , bahkan lebih baik .

- Plasma Monitor

Monitor plasma merupakan monitor yang menggunakan gas neon atau xenon yang diletakkan diantara 2 lapisan plat kaca . Pada lapisan gas akan dialairi listrik yang memberi reaksi penciptaan pixel . Kualitas display yang dihasilkan menjadi lebih baik karena proses pembentukan pixel lebih cepat dari versi sebelumnya . 


Mouse + Keyboard


Mouse dan keyboard merupakan perangkat input dan perintah ke komputer . Seluruh data yang akan diolah pada komputer akan diinput melalui keyboard dan mouse . Mouse lebih digunakan untuk mengatur kursor dan mengeksekusi perintah pada system , sedangkan keyboard untuk menginput data yang diperlukan seperti artikel yang diketik dengan keyboard . 

Software

Setelah panjang lebar membahas hardware , kini kita akan mulai membahas software. Untuk software akan saya bahas sedikit , karena setiap software kalau mau mau dibahas satu satu bisa dibuatkan artikel . 

Secara garis besar software komputer terdiri dari :

- Operating system ( OS ) 
Merupakan dasar program komputer . Umumnya kita pakai yaitu Windows , IOS , Linux , Ubuntu dll
- Application Software 
Merupakan software yang biasa kita gunakan dalam system seperti microsoft office , adobe photoshop , auto cad , game dll
- Software Development Tool 
Merupakan software untuk mengembangkan sotware baru lainnya , atau biasanya disebut bahasa pemrograman . Yang satu ini jarang kita pakai , hanya digunakan oleh programmer atau sejenisnya . 

Untuk software saya bahas sedikit seperti saya katakan tadi , akan saya update bila ada perubahan . 

Sekian pembahasan saya untuk artikel "Komponen Komputer Serta Fungsinya" . Semoga sobat yang membaca bisa mendapat manfaat dari artikel ini . Sebagai pemula saya berharap koreksi dari sobat sekalian agar saya bisa membuat artikel lebih baik dan lebih bermanfaat kedepannya . 

3 Responses to "Komponen Komputer Serta Fungsinya"

  1. Penjelasannya sangat lengkap... membuat saya lebih mudah memahami bagian-bagian komputer.

    ReplyDelete
  2. Penjelasan dan gambarnya mudah dimengerti, terimakasih

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini gan .

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel