Cara Instal Mac OS "MoJave" , Update Terbaru dari Apple

Wallpaper Mo Jave
Kembali lagi di postingan saya , semoga sobat tetap setia mengikuti perkembangan blog ini dan tetap memberi masukan di setiap artikel yang saya buat , agar kedepannya artikel yang saya posting semakin lebih baik lagi .

Back to the point , pada kesempatan ini saya akan mengajak sobat membahas cara menginstal OS terbaru Mac , yakni Mac OS " MoJave " .

Mac Os MoJave ( versi 14.10 ) adalah seri kelima belas dalam jajaran Mac OS , sekaligus menjadi update terbaru untuk pengguna OS " High Sierra " . Sebagai catatan , Mac Os merupakan Operating system yang digunakan pada perangkat PC Apple.Inc . Update MoJave mulai diumumkan 4 juni 2018 dan dipublikasikan pada september 2018 . 

Bagi sobat pengguna Macbook atau Imac bisa mempertimbangkan mengupdate OSnya , sebelum itu mari simak pembahasan berikut : 

Cek Kompatibilitas Mac Sobat dengan Mac Os MoJave

Untuk mengetahui perangkat Mac sobat kompatible atau tidak dengan Os MoJave , ada baiknya kita ketahui minimum requirements untuk menginstalnya . Berikut syaratnya : 
  • Dari segi OS, Perangkat Mac sobat setidaknya terinstal Mac OS X Mountain Lion ( versi 10.8 )
  • RAM minimum 2 GB 
  • Minimum Space Storage 12,5 GB
Jika syarat diatas sudah terpenuhi , kini mari kita lihat list perangkat yang secara resmi sudah bisa upgrade ke OS MoJave . Berikut daftarnya : 
  • MacBook Pro pertengahan 2012 dan produk yang lebih baru .
  • MacBook Air pertengahan 2012 dan produk yang lebih baru .
  • iMac akhir 2012 dan produk yang lebih baru . 
  • Mac Mini akhir 2012 dan produk yang lebih baru
  • Semua model iMac Pro 

Lakukan Backup Data

Setelah mengecek kompatibilitas  Mac sobat , selanjutnya sobat saya sarankan melakukan backup file. Untuk memastikan keamanan sejumlah file penting yang tidak bisa diganti, pastikan sobat mengirimkannya ke Cloud, Dropbox, iCloud, dan OneDrive. Selain itu, sobat juga membuat hard copy di flash drive atau hard drive eksternal. Mengapa hal ini penting dilakukan? Karena proses upgrade ini bisa membawa risiko bug yang tidak muncul hingga sobat melakukan instalasi. Jadi, melakukan backup file sebelum proses instalasi merupakan langkah pertama yang tepat

Download OS dan Proses Instalasi

Setelah berbagai file penting dalam Mac-mu sudah dibackup, sobat dapat melanjutkan proses download dan instal MacOS Mojave melalui App Store. Proses download dan instalasi mungkin memakan waktu yang cukup lama, tergantung pada kecepatan internet yang sobat gunakan serta sistem  yang mungkin perlu memulai ulang untuk menyelesaikan tahapan instalasi. Jadi, pastikan sobat menyimpan file yang sedang dikerjakan agar tersimpan dan tidak hilang.

Berikut cara download dan instal MacOS Mojave :

- Buka Mac App Store

Sobat dapat membuka Mac App Store dengan mengklik ikon Apple yang berada di sudut kiri atas layar Mac dan kemudian pilih App Store. Atau sobat juga bisa  mengklik ikon Mac App Store di dok Mac atau melakukan navigasi ke folder aplikasi .

- Cari MacOS Mojave di Mac App Store

Proses pencarian ini bisa sobat lakukan dengan mengetikkan “Mac OS Mojave” pada bilah pencarian yang tersedia di App Store.

- Download Mojave

Download Mojave dengan mengklik tombol download. Software tersebut akan tersimpan otomatis ke folder aplikasimu. Saat Mojave dalam proses download, pastikan sobat memeriksa beberapa fitur baru yang akan segera akan sobat dapatkan dengan memeriksa out initial impressions of the OS/tayangan awal OS kami.

Selesaikan proses download

Pemasang akan secara otomatis diluncurkan setelah proses download selesai. Jika sudah selesai, klik “lanjutkan,” terima syarat dan ketentuan, dan ikuti wizard di layar untuk menginstal dan memperbarui Mac-mu ke MacOS Mojave.

Restart komputer

Setelah proses instal selesai, sobat akan diminta untuk melakukan restart. Setelah Mac sobat menyala kembali, maka sobat secara resmi telah  menggunakan MacOS Mojave. Selamat!

Demikian pembahasan kita  mengenai cara instal MacOS Mojave yang mesti sobat ketahui . Pastikan jangan sampai salah agar sobat sekalian dapat merasakan berbagai kelebihan yang ditawarkan MacOS Mojave dengan maksimal. 

Seperti biasa saya berharap kritik dan saran di kolom komentar sebagai bahan evaluasi untuk menulis artikel kedepannya . 

Terakhir saya berterima kasih kepada https://www.dewaweb.com/blog/begini-cara-instalasi-macos-mojave-yang-benar/ sebagai sumber inspirasi postingan ini . 

0 Response to "Cara Instal Mac OS "MoJave" , Update Terbaru dari Apple"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel